Rabu, 09 November 2011

Lili Bunga Cantik Penyerap Polutan

Bunga lili adalah bunga yang indah dan berbau sangat harum serta berwarna putih. Kecantikan bunga putihnya mempesona banyak orang.  Tak sedikit pula yang memanfaatkannya sebagai bunga potong, untuk menghias ruang serta digunakan untuk penghias biground dalam acara-acara resepsi.
Lily merupakan tanaman berdaun lebar memanjang, mirip daun pisang tapi lebih kecil. Di antara dedaunan inilah muncul bunga Lily bertangkai bunga panjang. Bunga Lily sendiri berbentuk seperti sekop berwarna putih dan berbau harum. Tanaman ini bisa diletakkan di dalam maupun luar ruangan.

Untuk menanam dan merawatnya, memang membutuhkan perhatian ekstra akan tetapi bunga lili dapat hidup bebas di daerah manapun asalkan tempatnya agak lembab!. Lily menyukai media tanam yang lembap. Bila media tanamnya kering, pertumbuhannya akan terganggu, biasanya ia enggan berbunga.dan penanamannya hampir sama dengan pisang yaitu melalui tunas
Di sisi lain, si cantik ini juga tidak suka kelembapan yang berlebihan. Genangan air atau media tanam yang terlalu basah, dapat membuat akarnya busuk dan dapat mempercepat kematian tanaman ini. Jadi, siram media tanam hanya jika media tanamnya kering.
Lily, seperti halnya tanaman lain, juga membutuhkan sinar matahari untuk berfotosintesis. Tetapi Anda perlu melindunginya dari sinar matahari yang terlalu panas. Ada baiknya, letakkan Lily di area yang teduh, namun masih mendapat sinar matahari. Jika Anda meletakkannya di dalam ruangan, rajin-rajinlah mengeluarkannya, paling tidak tiga hari sekali.
Berfungsi Sebagai Penyerap Polutan
Tak bisa dipungkiri, semakin hari polusi udara semakin banyak terjadi. Tanpa disadari di dalam rumah pun kita tidak bebas dari gas beracun (polutan). Contohnya, formaldehyde yang biasa ada pada cairan pembersih, benzene yang berasal dari asap rokok dan bahan plastik, atau trichloroethylene yang biasa terkandung pada tinta dan cat.
Berbagai gas polutan tadi bisa dinetralisasi oleh tanaman. Tidak semua tanaman bisa menyerap gas polutan. Spathyphyllum atau Lily adalah salah satu yang mampu menyerap gas beracun tersebut. Berdasarkan penelitian, Lily efektif menyerap dan menetralisasi benzene. Idealnya, sebuah tanaman Lily dapat menyerap polusi pada ruang berukuran sekitar 9meter persegi. Jadi, selain indah, Lily patut ditempatkan di ruangan selain sebagai penghias ruang memperindah pemandangan rumah,sebagai pengharum, juga sebagai penyerap polusi udara.
Sumber : KOMPAS
Print this post

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Technorati Style Copyright by pertanian bunga | Template by One-4-All | Made In Indonesia