Selasa, 13 Desember 2011

Flora&Fauna - Taman Bunga Nusantara

"Taman Bunga Nusantara adalah obyek wisata agro yang merupakan asset nasional dengan skala international diresmikan oleh presiden kedua Republik Indonesia Soeharto pada tanggal 10 September 1995. Luas keseluruhan taman 23 hektar yang dipenuhi keindahan display warna dan bentuk bunga yang indah dari berbagai belahan dunia sesuai dengan iklim yang ada di Indonesia. Tanaman kami didominasi oleh tanaman yang berasal dari daerah tropis, misalnya Australia, Amerika Selatan, Afrika serta Asia. Masa hidup dari tanaman display kami berkisar antara 2 sampai 3 bulan sehingga tiap kali anda berkunjung nuansa yang anda temui akan selalu berbeda ...."







[navigasi.net] Flora&Fauna - Taman Bunga Nusantara
Jam taman ukuran raksasa


Itulah sepenggal alinea yang mengawali brosur wisata Taman Bunga saat berkunjung bulan September 2004 lalu dan ini merupakan kunjungan kedua yang pernah saya lakukan setelah 2 tahun lebih. Memang benar kali ini Taman Bunga lebih didominasi oleh bunga Petunia yang berwarna-warni mulai dari tempat pembayaran tiket hingga dibeberapa bagian dalam area taman. Entahlah, dua tahun lalu bunga apa yang mendominasinya sudah tak berbekas lagi di kepala, yang teringat jelas hanya limpahan warna-warni bunga berbagai bentuk memenuhi berbagai sudut lokasi.
Taman Bunga memang menarik untuk dikunjungi oleh semua orang dari segala usia. Hamparan bunga warna-warni dipadukan rerumputan dan hijau dedaunan tampak kontras dan serasi, sedap dipandang mata. Terik sinar matahari yang menerpa siang itu, justru semakin membantu memancarkan warna-warni bunga hingga sampai jauh. Sebuah jam taman dalam ukuran raksasa yang terletak didekat pintu masuk, tampak terawat dan berfungsi dengan baik sehingga menambah nilai wisata tersendiri saat mengamatinya.







[navigasi.net] Flora&Fauna - Taman Bunga Nusantara
Maze/labyrinth garden yang cukup menyulitkan untuk lolos dari perangkapnya. Sedikit saran agar bisa lolos dari jebakannya, perhatikan kondisi rumput yang anda pijak :)


Pengaturan tanamanpun telah ditata semikian rupa sehingga membentuk kelompok-kelompok kecil dengan teman-tema khusus. Taman Perancis, Amerika, Jepang dan Mediterania terlihat sekali telah diatur sedemikian rupa sehingga mampu menampilkan suasana negara-negara tersebut dengan bunga maupun tanaman yang umum berada di negara masing-masing. Hal yang sama juga diberlakukan untuk Taman Bali, Palem, Mawar dan Air masing-masing taman ini mempunyai ciri khas tersendiri dan berbeda antara satu dnegan lainnya.
Beberapa fasilitas juga tersedia disana, sebutlah menara pandang dengan fasilitas tangga dan/atau lift untuk mencapai puncak ketinggian yang bisa digunakan untuk melihat seluruh lokasi wisata dari ketinggian. Maze/labyrinth garden yang terbentuk dari tanaman pangkas terang bulan (duranta repens varigata) cukup menyulitkan untuk lolos dari "perangkap"-nya. Alam Imajinasi yang berupa wahana bermain anak dengan sajian aneka permainan seperti Super Go Kart, Kereta Mini, Arung Apung dan permainan menarik lainnya untuk melatih kepekaan dan keterampilan anak-anak. Khusus untuk Alam Imajinasi, areal mainan ini diresmikan oleh ibu Try Sytrisno pada tanggal 10 September 1996.







[navigasi.net] Flora&Fauna - Taman Bunga Nusantara
Miniatur jalan raya lengkap dengan truk yang mengunakan radio kontrol untuk mengemudikannya juga tersedia didalam lokasi Alam Fantasi


Mengunjungi rumah kaca yang ada didalam taman bunga juga memberikan nuansa tersendiri. Berbagai macam jenis bunga tmubuh dengan suburnya didalam ruangan yang bisa diatur kondisi suhu, kelembapan dan tingkat intensitas cahaya ini. Selain bunga, sederet cabai hias dengan warna kuning, hijau dan merah tampak tumbuh subur dan menarik dipandang mata.
Menikmati seluruh objek yanga ada didalam taman bunga tidaklah harus selalu dilalui dengan berjalan kaki. Meskipun kendaraan pribadi tidak diperkenankan untuk masuk, terdapat kereta api mini dan mobil wisata yang siap menghantar pengunjung berkeliling keseluruh area, lengkap dengan panduan informasi pada tiap lokasi yang dikunjungi. Bagi pengunjung yang ingin menyelenggarakan acara piknik bersama, disediakan tempat/lokasi piknik yang bisa menampung 100 sampai 3500 orang dengan perlengkapan tenda, meja kursi, catering serta hiburannya.
Secara keseluruhan, pengelolaan objek wisata Taman Bunga telah dilakukan dengan baik sekali.  Areal parkir yang luas dan bersih, nampaknya siap menampung ratusan mobil dan bus wisata yang berkunjung di objek wisata Taman Bunga. Kebersihan taman juga nampak terjaga dengan baik, selama berkeliling saya sama sekali tidak menemukan sampah yang berserakan didalam lokasi ini. Suatu hal yang patut diberi acungan jempol buat pengelolanya.
http://www.navigasi.net/goart.php?a=fftmnbng
Print this post

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Technorati Style Copyright by pertanian bunga | Template by One-4-All | Made In Indonesia