Rabu, 14 Desember 2011

Microsoft Desktop Optimization Pack Learn about Microsoft Desktop Optimization at Technet Springboard. technet.microsoft.com/windows Gudang Di Indonesia Cari gudang di Indonesia, lihat peta & harga. Hubungi penjual sekarang. www.Rumah.com Berita Terpopuler Menikmati Bunga Sakura di Cibodas

iputan6.com, Cibodas: Tak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk menikmati keindahan bunga sakura. Kebun Raya Cibodas (KRC), Cianjur, Jawa Barat, juga memiliki ratusan pohon sakura. Di Taman Raya Cibodas, bunga khas Jepang mekar dua kali pada Februari-Maret dan Agustus-September. Tahun ini, ada perubahan waktu berbunga, sakura di Cibodas sudah mekar pertengahan Juni. Tertarik? Anda bisa mengajak orang-orang terdekat menyaksikan keindahan bunga sakura pada masa mekarnya keduanya.

Asal tahu saja, masyarakat Jepang sangat menikmati keelokan bunga sakura yang hanya mekar tujuh sampai sepuluh dalam setahun. Bunga sakura yang menandai datangnya musim semi ini dirayakan dengan pesta yang disebut HanamiHana artinya bunga, mi dari kata miruyang bermakna melihat. Jadi secara bahasa, Hanami berarti melihat bunga. Dalam acara Hanami, masing-masing menyaksikan bunga sakura dengan membawa makanan dan minuman serta menikmatinya di bawah pohon sakura.

Bukan sakura yang menjadi daya tarik kebun raya berada di lereng Gunung Gede-Pangrango di ketinggian antara 1.300-1.425 meter dari atas permukaan laut. KRC juga memiliki bunga bangkai yang cuma mekar setahun sekali. Pada Maret silam misalnya, bunga bernama latin Amorphophallus titanum ini mekar penuh dengan dengan ketinggian dari tanah mencapai 3,17 meter.

Memang selama ini, para pengunjung lebih banyak datang untuk menikmati karpet hijau dan kesejukan udara. Sebab, taman dengan suhu rata-rata 18 derajat Celsius jarang ditemukan di kota-kota besar seperti Jakarta. Padahal, kebun raya seluas 125 hektare ini bisa menjadi wisata edukatif bagi keluarga. Sebab, ada rumah kaca yang berisi koleksi berbagai spesies bunga asli dan hasil silangan dari dalam dan luar negeri.

Desa Sindang Jaya yang berada persis di belakang KRC bisa menjadi rute lanjutan setelah dari KRC. Desa yang dihuni 1.700 kepala keluarga ini berjarak sekitar satu kilometer dari KRC. Anda bisa mengikuti jalanan air menuju desa pertanian tersebut. Disebut demikian karena jalanan tersebut sengaja dibuat dengan kontruksi buatan yang mengikuti aliran air bening di kawasan pedesaan ini.

Di Sindang Jaya, Anda bisa menyaksikan kegiatan masyarakat yang rata-rata berprofesi sebagai petani. Berjalan di pematang kebun wortel, lobak, daun bawang, dan selada. Sebagai oleh-oleh, sayuran segar itu bisa dibeli langsung dari para petani yang kebanyakan sekaligus pemilik lahan pertanian. Lobak misalnya dijual Rp 1.000 per kilogram. Harga sayuran yang diedarkan hingga ke Bali ini jauh lebih murah ketimbang membeli di pasar terdekat.

Dengan segala kelebihannya, Kebun Raya Cibodas pas menjadi tempat wisata keluarga. Suhu yang sejuk, pemandangan yang asri, dan lokasi yang luas, menjadi tempat bermain anak-anak dan keluarga. Mempelajari berbagai koleksi tanaman juga menjadi pengetahuan tambahan selama liburan.(TNA/Inka Prawirasasra dan Effendi Kassa)

adalah citizen journalism, ruang publik untuk menyampaikan berita dan informasi peristiwa yang terjadi di sekitar.
Inilah tempat publik berperan aktif menjadi pewarta berita.
Klik di sini untuk selanjutnya...

Print this post

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Technorati Style Copyright by pertanian bunga | Template by One-4-All | Made In Indonesia